Rabu, 12 Oktober 2011

Faktor Konsumen Memilih Sepatu Converse..

Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan . Berdasarkan fungsinya produk dibedakan menjadi tiga level. Level pertama adalah core product yaitu suatu produk yang fungsinya merupakan alasan dasar konsumen untuk membelinya. Contoh sederhana dari core product adalah sepatu, fungsinya dasarnya untuk alas kaki tidak hanya sebagai pelindung kaki tapi pada jaman sekarang sepatu juga untuk fashion karna berbagai macam model yg menarik . Actual product adalah fitur-fitur yang ada pada produk untuk menambah nilainya. Misal desain yang menarik, nama merk, dan kemasan. Augmented product, yaitu tambahan manfaat-manfaat yang tidak terpikirkan oleh konsumen tapi akan memberi kepuasan bagi mereka, contohnya adalah daya tahan. Model sepatu berubah-ubah mengikuti perkembangan dunia mode. Masyarakat dunia sekarang tidak hanya mencari sepatu yang nyaman dipakai, namun juga melihat dari segi model. Namun, ada satu jenis sepatu yang tidak pernah berubah modelnya dari masa ke masa namun tetap memiliki daya tarik bagi masyarakat. Sepatu itu berbahan karet dan kanvas, dengan tali yang sederhana.
Salah satu brand yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan sepatu yang terbuat dari kanvas ini adalah Converse. Walaupun Converse juga memproduksi sepatu dengan jenis lain, termasuk sepatu basket di dalamnya, namun kebanyakan orang merasa bahwa Converse selalu identik dengan sepatu kanvas-nya. Converse adalah merek dagang perusahaan sepatu asal Amerika yang pertama kali memulai produksinya pada 1908. Kini Converse tercatat sebagai salah satu ikon merek dagang paling legendaris di dunia. Sepatu kanvas Converse selalu menarik perhatian masyarakat karena sepatu ini dianggap netral, yang artinya dapat dipakai baik oleh wanita maupun pria dan dapat dipakai pula oleh kalangan dari berbagai usia.  Sepatu ini juga nyaman dipakai dan dapat dipadu padankan dengan gaya busana apa pun, bisa dipakai dengan busana kasual maupun formal. Dengan fleksibilitas yang dimiliki oleh sepatu ini, tidak heran sepatu kanvas Converse memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia.

            Tidak hanya itu, produk Converse dikenal memiliki daya tahan yang tinggi. Sepatu ini mempunyai kualitas yang sepadan dengan harganya. Oleh karena itu pengguna sepatu ini tidak segan-segan merogoh kocek yang cukup dalam untuk dapat membeli sepatu ini. Model sepatu kanvas buatan Converse ini pun abadi, tidak pernah ketinggalan zaman. Berbeda dengan model sepatu lainnya yang terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Jadi, walaupun perusahaan Converse tidak pernah melakukan perubahan besar terhadap bentuk sepatu kanvasnya, namun sepatu ini tidak pernah ditinggalkan penggemarnya. Hal ini disebabkan karena produk Converse menjanjikan kualitas dan  model yang tidak akan termakan oleh waktu. Produk sepatu Converse ini membuktikan bahwa dengan kekonsistenan model sepatu tidak membuat masyarakat bosan, malah membuat produk ini melekat di pikiran masyarakat. Saking melekatnya produk ini timbullah suatu stereotip bahwa sepatu kanvas adalah sepatu Converse.

 
 

Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2011/05/06/brk,20110506-332552,id.html

     http://id.shvoong.com/business-management/marketing/1911804-definisi-produk/#ixzz1MRWuMVI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar